Kamis, 15 Januari 2009

Konsep Usaha

Digital Photo Studio
Menerima ; Editing Photo Hp, Photo Pernikahan, Editing Video Penikahan, Ulang Tahun, Seminar Dll

Peralatan Yang Dibutuhkan;

1. I set Komputer Pentium IV, DVD ROM/RW Rp 3,500,000,00
2. Printer Warna Rp 500,000,00
3. Scanner Rp 400,000,00
4. Kamera Digital Kodak Easyshare v803/v1003 Rp 2,097,000,00
5. Infra Red Rp 350,000
6. Payung penerangan background 2 set Rp 500,000,00
7. Gambar background ukuran 4x4 m Rp 250,000

Rp 7,597,000,00

Strategi Pemasaran ;

1. Dalam hal ini kita harus mencari lokasi tempat/bengkel yang strategis, pinggir jalan diusahakan dekat dengan sekolahan.
Target Konsumen untuk digital photo studio adalah anak2 sekolah berusia antara 8-15 th.
Penyesuaian harga untuk tiap2 pemotretan adalah Rp 1,500,00 disesuaikan dengan uang jajan mereka setiap harinya.
Budget yang harus dicapai dalam 1 minggu minimal 200 anak/minggu atau 28 anak/hari.

2. Untuk Video Pernikahan paling tidak harus memiliki rekanan rias pengantin minimal 2 rias pengantin. Karena dari rias pengantin tsb order Video akan mengalir. Tarif yang dikenakan tiap2 order adalah;
Video dengan format VCD Rp 500,000,00 / 2 keping VCD
Video dengan format DVD Rp 650,000,00 / 2 keping DVD
Photo pengantin dengan format CD Rp 90,000,00 / CD
Photo Studio biasa yang diformat CD Rp 15,000,00 / CD
Editing Photo Hp + Cetak Rp 2,000,00 / Photo ukuran 2x3,4x6,5R
Rp 3,000,00 / Photo ukuran 10R

Budget yang harus dicapai dalam 1 bulan ;
Setidaknya harus ada minimal 2x order untuk Shooting Video Pengantin.


Perhitungan Biaya tetap yang harus dikeluarkan tiap bulan;

1. Biaya Listrik / bulan Rp 250,000,00
2. Biaya Sewa tempat / bulan Rp 350,000,00
3. Biaya Transport Rp 150,000,00
4. Biaya Makan untuk dua orang / bulan Rp 300,000,00 +

Total pengeluaran : Rp 1,050,000,00



Estimasi Pendapatan ;

Video Pengantin 2x format VCD 2 x Rp 500,000 = Rp 1,000,000,00
Photo Box (28 anak/hari atau 840 anak/bln) X Rp 1,500,00 = Rp 1,260,000,00
Asumsi Pendapatan lain2 (photo studio,HP dll) = Rp 200,000,00 +

Total Pendapatan = Rp 2,460,000,00


Sisa Pendapatan = Rp 1,410,000,00

Playback Periode : 6 bulan.

R/C Ratio : Total pendapatan/Total pengeluaran

Rp 2,460,000,00 / Rp 1,050,000,00 = 2,34

Artinya tiap Rp 1 memperoleh keuntungan Rp 1,34



Prinsip Manajemen

@ Mengkomunikasikan pentingnya memenuhi kepuasan pelanggan (konsumen)

@ Memastikan semua personel menyadari pentingnya kegiatan mereka dan bagaimana memberikan kontribusinya terhadap pencapaian sasaran kepuasan pelanggan.

@ Komunikasi dengan pelanggan

@ Memonitor kepuasan pelanggan

@ Melakukan evaluasi efektivitas kegiatan-kegiatan strategis pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar